Rabu, 14 Agustus 2019


     

HIKING DI HUTAN PINUS PENGGER



          Dalam rangka merayakan hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2019 SLB Bakti Putra menyelengarakan kegiatan hiking di Hutan Pinus Pengger Dlingo Bantul. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa SMPLB dan SMALB. Tema dalam kegiatan hiking tahun ini yaitu “Jelajah Alam, kerjasama dan berpengetahuan”. Kegiatan hiking ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan alam kepada siswa (adik-adik pramuka), menjalin kerjasama dan menambah ilmu pengetahuan. Jalur hiking dimulai dari tempat parkir utama dan berakhir di ruang pendopo pengger. Dalam kegiatan hiking dibuat pos 1 sampai dengan pos 5. Setiap regu diberikan buku kegiatan hiking untuk mencatat dan menjawab tugas yang diberikan oleh kakak pembina. Pada setiap pos siswa diminta untuk melaksanakan tugas sesuai dengan perintah kakak pembina.

POS 1

Pada Pos 1 materinya tentang kecintaan alam semesta.
Kakak Sunarta, S. Pd selaku Kakak Mabigus SLB Bakti Putra menjelaskan bagaimana menjaga alam sekitar, melestarikan lingkungan dan menjelaskan berbagai jenis tanaman yang ada di Hutan Pinus Pengger.
Selain itu beliau berpesan kepada adik-adik pramuka untuk tidak membuang sampah sembarang dan tidak merusak tanaman atau benda yang ada didalam hutan pinus pengger.

          Pos 2 dipimpin oleh kakak Carmiyati, S. Pd dan Kakak Zahrotul M, S. Pd. Kegiatan Pos 2 ini adik-adik pramuka diminta untuk menggunting lambang garuda pancasila dan menempelkan gambar tersebut secara runtut pada buku tugas yang telah diberikan pada ketua regu. Mereka juga diminta menuliskan bunyi pancasila secara runtut.  Mereka sangat senang dan bersemangat menjalankan tugas dari kakak pembina. Mereka saling bekerjasama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
Setelah selesai  mereka melaporkan tugasnya dan melanjutkan perjalanannya ke pos berikutnya.


POS 2
          Pos 3 adik-adik pramuka diminta untuk menyambung tali dan membuat pionering. Kakak Setyawati V D, S.Pd dan Kakak Karimah R, S. Pd bertugas sebagai pembina pada pos tersebut. Kakak pembina meminta adik-adik pramuka untuk menyiapkan setiap regu dan melaporkan nama regu serta menyatakan kesiapan regu tersebut dalam menjalankan tugas. Kakak Setyawati V D, S. Pd memberikan petunjuk dan pengarahan untuk menjalankan tugas. Mereka diminta untuk saling bekerjasama dalam menyambung tali dan membuat pionering. Mereka sangat antusias sekali dalam menjalankan tugasnya. 
Setelah selesai menjalankan tugas adik-adik pramuka melaporkan pekerjaannya dan kakak pembina menilai hasil pekerjaan tersebut. Sebelum melanjutkan untuk ke pos berikutnya mereka diminta kakak pembina untuk membongkar pionering dan membawanya menuju ke pos 4.  
POS 3
POS 3
      
POS 4
                                  Pada Pos 4 Kakak Sunyata, S. Pd dan
Kakak Nanik W, S. Pd meminta untuk setiap regu menyiapkan barisannya dan memberikan salam hormat. Kakak pembina pada pos ini memberikan tugas tentang Kim Cium dan jenis sayuran dan buah-buahan yang telah disiapkan oleh kakak pembina. Adik-adik Pramuka diminta untuk melaksanakan tugas dan mencatatnya pada buku tugas.

Setelah Selesai mengerjakan mereka diminta untuk melaporkan tugasnya dan diarahkan untuk menuju ke POS 5.                                                                                 


POS 5
Pada Pos terakhir ini siswa berada dipendopo, Kakak Maridi, S. Pd bertugas dalam Pos tersebut. Beliau memberikan permainan tali dan sulap serta mengajak siswa untuk menyanyikan lagu hymne pramuka secara bersama-sama. Dalam permainan tali adik-adik pramuka diminta untuk bisa menirukan dan memecahkan masalah bagaimana tali itu bisa lepas dari ikatannya.
Wajah ceria dan bahagia terpancar pada mereka. Walaupun lelah mereka masih tetap semangat dalam melakukan tugas pada pos terakhir ini.

Kegiatan Terakhir adalah makan bersama di pendopo dan dilanjutkan sholat berjamaah di mushola. 

Sebelum Pulang Semua kakak pembina berkumpul dan melihat pekerjaan setiap regu yang ada pada buku tugas hiking untuk menentukan juaranya. Juara regu pada kegiatan hiking di hutan pinus pengger tahun 2019 ini rencananya akan diumumkan pada saat upacara bendera hari Senin tanggal 19 Agustus 2019. (Svd)


                                                                                                                    

                                                                                    





                                                                                                                                                



 

                                                                                                                                            






                                                                                                                                      































         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERSIAPAN PARA GURU SLB BAKTI PUTRA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PERAN WALI MURID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH        Berdas...