Senin, 17 Juni 2019

Kegiatan Pembelajaran di Luar Kelas

       Hari ini SLB Bakti Putra mengadakan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua siswa dari TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB. Guru dan karyawan juga ikut dalam mendampingi siswa. Kegiatan pembelajaran di luar kelas diawali dengan apel pagi dan jalan sehat menuju lokasi Goa Langkap. Goa tersebut terletak di Dusun Gondang Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo. Goa Langkap merupakan Goa yang sudah ada sejak dahulu di dusun Gondang. Lokasi Goa tersebut tidak jauh dari SLB Bakti Putra kira-kira jaraknya 1 km. Semua siswa, guru dan karyawan berjalan kaki menuju lokasi Goa Langkap. Perjalanan dimulai pukul 08.00 dengan melewati perkampungan dan perkebunan warga dusun Gondang. Bapak dan ibu guru menjelaskan tentang berbagai tanaman yang ada di sekitar Goa Langkap. 


     
         Di dalam goa Bapak Maridi, S. Pd selaku guru menjelaskan tentang Goa Langkap dan bebatuan yang ada disana. Selain itu beliau menjelaskan peraturan kepada siswa jika berada di sekitar Goa. Mereka diharapkan untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan berperilaku sopan.



        Muhammad Rizki Nur Saputra siswa kelas VII SMPLB Tunanetra sangat antusias sekali berada didalam Goa. Dia meraba dinding goa dan merasakan jika dia berada didalam goa. Tidak hanya Rizki saja semua siswa juga sangat senang dan mempunyai pengalaman baru bisa melihat dan berada didalam goa.

        
    Kegiatan Pembelajaran di luar kelas sangat bermanfaat yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk merasakan secara langsung materi yang di sampaikan. Selain itu juga dapat memberikan kesempatan untuk belajar dari pengalaman secara langsung dan dapat mengembangkan keterampilan serta ketertarikan terhadap kegiatan-kegiatan diluar kelas. 
Setelah melakukan kegiatan Pembelajaran dan beristirahat di sekitar Goa Lankap. Guru, karyawan dan siswa kembali pulang menuju sekolah dengan berjalan kaki. Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 10.00 WIB. Siswa yang merasa capek dan tidak kuat untuk berjalan dijemput dengan kendaraan oleh Bapak Imam Taufik selaku karyawan di sekolah kami. Sesampai di sekolah siswa apel dan berdoa untuk pulang kerumah masing-masing. (svd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERSIAPAN PARA GURU SLB BAKTI PUTRA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PERAN WALI MURID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH        Berdas...