Rabu, 15 Mei 2019

SANLAT HARI PERTAMA DI BULAN RAMADAN 1440 H

Kegiatan pesantren kilat di SLB Bakti Putra dimulai pada hari Kamis, 16 Mei 2019. Kegiatan dimulai dengan melaksanakan shalat Dhuha bersama. Shalat Dhuha diimami oleh bapak Sunyata. Shalat Dhuha dilaksanakan 4 (empat) rakaat; 2 (dua) rakaat salam, 2 (dua) rakaat salam.



Setelah shalat Dhuha diberikan materi oleh Bapak Sunyata. Pak Sunyata menyampaikan tentang pengertian puasa. Puasa adalah menahan makan dan minum serta hawa nafsu dimulai dari terbit fajar hingga Maghrib. Puasa wajib dilaksanakan oleh setiap muslim (wajib 'ain). Disampaikan pula tentang hal-hal yang membatalkan puasa adalan makan dan minum dengan sengaja. Selain itu beliau menyampaikan hal-hal yang merusak ibadah puasa, diantaranya ngerumpi, bertengkar. 

Materi kedua disampaikan oleh Ibu Setyawati Via Dolorosa. Bu Via mengajak anak-anak untuk melafalkan Q.S. al-Fatihah. Satu persatu melafalkan sesuai dengan kemampuannya. Bu Via menyampaikan bahwa surat al-Fatihah itu penting. Ketika shalat, surat al-Fatihah dibaca. 

Materi ketiga disampaikan oleh Bu Zahrotul Mutoharoh. Bu Zahro menyampaikan tentang ibadah-ibadah yang dapat dilaksanakan di bulan Ramadan. Ibadah-ibadah tersebut adalah puasa, shalat tarawih, tadarus/membaca al-Quran, i'tikaf (berdiam diri di masjid) serta memperbanyak doa di bulan Ramadan.

Kegiatan diakhiri dengan shalat Dhuhur berjamaah. (zhr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERSIAPAN PARA GURU SLB BAKTI PUTRA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN PERAN WALI MURID DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH        Berdas...